Presiden SBY Resmikan Pembukaan IDAM 2010 Expo



jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan Pembukaan Indodefence, Indoaerospace dan Indomarine (IDAM) 2010 Expo dan Forum di JI-Expo, Kemayoran, PRJ, Jakarta, Rabu (10/11) sore. Pameran tersebut telah diadakan sebanyak empat kali oleh Kementerian Pertahanan RI, namun keterlibatan Indomarine baru pertama kali. Pameran ini digelar hingga tanggal 13 November 2010.

Menhan Purnomo Yusgiantoro menjelaskan bahwa dalam pameran tersebut terlibat 444 perusahaan dari 38 negara. "Pameran tahun ini lebih lengkap dari tahun-tahun sebelumnya, karena disamping ada tambahan industri perkapalan, juga menampilkan produk mutakhir di bidang pertahanan. Disamping presentasi-presentasi diantara peserta pameran yang menjelaskan teknik keunggulan produk mereka dan implementasinya, ada juga seminar khusus mengenai pertahanan," kata Purnomo.

Menhan juga menerangkan bahwa pada kesempatan kali ini akan ditandatangani 23 kesepakatan kerjasama, utamanya untuk memenuhi kebutuhan alutsista TNI dan Polri dengan prioritas kerjasama dengan industri dalam negeri. Usai memberikan sambutannya, Purnomo memberikan album foto rekam jejak industri pertahanan Republik Indonesia kepada Presiden SBY.



Sementara Presiden SBY dalam sambutannya berharap rangkaian yang ada di pameran IDAM 2010 kali ini dapat lebih meningkatkan kerjasama antara pihak-pihak yang ada di Indonesia maupun dengan negara sahabat, khususnya kerjasama dibidang pertahanan dan strategis. "Saya adalah termasuk orang yang sangat mencintai perdamaian, saya kira kita pun kalau harus memilih perang atau memilih damai hampir pasti jawaban kita adalah perdamaian," kata SBY.

Kerjasama yang harus dibangun menurut SBY adalah semangat untuk menjaga perdamaian dan keamanan di dunia. "Kalaupun tiap negara membangun kekuatan militernya, semata-mata biasanya untuk pertahanan diri, untuk kepentingan pertahanan bukan penyerangan," ujar Presiden.

Usai meresmikan pameran, SBY menyaksikan aerobatik udara oleh tim Roulettes dari RAAF Australia dengan pesawat PC-50 dan aksi terjun panyung oleh 50 penerjun dari tim gabungan TNI-Polri-FASI (Federasi Aero Sport Indonesia), dilanjutkan dengan meninjau pameran yang berada di Hall D.
Turut hadir mendampingi Presiden SBY antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Menkumham Patrialis Akbar, Menhut Zulkifli Hasan, Mendiknas M. Nuh, Menbudpar Jero Wacik, Seskab Dipo Alam, Menkominfo Tifatul Sembiring, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Komjen Timur Pradopo. Turut pula hadir Ketua DPR RI Marzuki Alie dan duta besar dari negara sahabat.

 sumber Situs Resmi Presiden RI

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger